Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang
berkontribusi terhadap keberhasilan suatu proses belajar mengajar. Sebab, tidak
semua pengalaman belajar dapat diperoleh secara langsung seperti yang
diungkapkan oleh Edgard Dale (Sanjaya, 2006) dalam teori kerucut
pengalaman bahwa kerucut pengalaman
tersusun dari mulai pengalaman langsung yang sifatnya sangat konkrit, hingga
labang kata yang sifatnya sangat abstrak. Alat peraga pembelajaran merupakan
salah satu bentuk dari media pembelajaran yang dapat pula diartikan sebagai
suatu benda yang digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau
prosedur tertentu agar tampak lebih nyata dalam proses pembelajaran.
Dalam pembelajaran matematika yang memiliki kajian objek-objek
abstrak, alat peraga dapat membantu menningkatkan pemahaman konsep dan
kemampuan penyelesaian masalah seperti yang diungkapkan oleh Durmus dan
Karakirik (2006). Selain itu, alat peraga juga dapat meningkatkan perhatian dan
motivasi siswa yang berdampak pada pembentukan sikap positif terhadap matematika karena menyediakan pengalaman
nyata bagi siswa. Pengalaman nyata dalam pembelajaran matematika bukan sekedar pengalaman
pada dunia nyata atau bentuk-bentuk fisik semata melainkan lebih pada suatu hubungan-hubungan yang
berarti antar ide-ide matematika dan atau siatuasi-situasi matematis. Alat
peraga sangat membantu untuk mengkonstruksi konsep-konsep baru dan
menghubungkannya dengan konsep-konsep yang sudah dimiliki oleh siswa atau
dengan situasi sekitar.
Sebagai hasil dari inovasi dalam bidang teknologi,
penggunaan internet dan komputer dalam masyarakat meluas. Demikian pula dalam
dunia pembelajaran, pemanfaatan internet dan komputer sudah merambah pada
kelas-kelas maupun rumah. Pemanfaatan teknologi komputer dan internet dalam
sekolah atau kelas membawa perubahan pula pada pendekatan mengajar dan belajar
matematika. Dengan memanfaatkan hasil inovasi tersebut, pembelajaran dapat
dibuat menjadi jauh lebih menarik, efektif dan efisien jika dirancang dengan baik.
Pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan
teknologi ini, ternyata juga membawa perubahan baru dalam dunia alat peraga
sebagai salah satu media pembelajaran matematika yang sangat membantu siswa
dalam menjembatani dunia real dan keabstrakan matematika. Alat paraga jenis baru ini
berbasis teknologi komputer, disebut dengan konsep “Alat Peraga Maya”. Komputer
sebagai salah satu hasil inovasi spektakuler yang mendunia memantik kreatifitas
para pendidik matematika, berawal dari ide-ide alat peraga real yang biasa
digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika ditransformasi dalam
bentuk objek digital berupa program-program komputer yang dapat digunakan
sebagaimana alat peraga real oleh siswa dengan menggunakan representasi visual
maksimal. Bahkan beberapa alat peraga maya dapat menutupi kelemahan-kelemahan
dari alat peraga real.
Sehingga saat ini terdapat dua pilihan untuk
menggunakan alat peraga matematika, yaitu alat peraga maya atau alat peraga
real. Demikian pula dalam pemilihan alat peraga maya terdapat dua alternatif yang dapat dipilih, alat
peraga maya yang terhubung langsung dengan internet ataupun yang dapat
digunakan tanpa koneksi ke internet. Sedangkan alat peraga real masih tetap
terdapat dua alternatif pilihan yaitu alat peraga 2 dimensi yang memanfaatkan representasi visual saja ataupun
objek 3 dimensi yang dapat dimanipulasi langsung. Kehadiran konsep baru tentang
alat peraga dapat dilukiskan dalam sebuah diagram sebagai berikut:
References
Donovan, Judy. Teaching Mathematics with Virtual
Manipulatives. http://www.techlearning.com/shared/printableArticle.php?articleID=196605450
Durmus, Soner dan Karakirik, Erol. 2006. Virtual Mathematics in Education: a theoretical Framework. The
Turkish Online Journal of Education Technology Volum 5 Issue I Article 12. http://www.tojet.net/articles/5112.doc
Patricia
S. Moyer, Johnna J. Bolyard dan Mark A.
Spikell. 2002. What Are Virtual Manipulatives? http://hal.archives-ouvertes.fr/docs/00/05/45/44/PDF/de58th1.pdf
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada
Media : Jakarta.
Virtual Manipulatives for Mathematics. http://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_manipulatives_for_mathematics
|
No comments:
Post a Comment